10 Cara Menjadi Karyawan Unggulan di Tahun 2018

Tak satu pun dari keterampilan ini akan muncul dalam deskripsi pekerjaanmu, namun semuanya dapat membantu menjadikan kamu salah satu orang yang paling diperlukan di kantor.

Kamu mungkin sedang menjalankan program diet dan olah raga untuk terlihat ganteng dan cantik, tapi bagaimana dengan program menjadi karyawan yang lebih baik? Usahamu bisa membuat kamu sangat diperlukan (dan bahkan bisa membuatmu dipromosikan).

Tak peduli industri apa yang sekarang menjadi pekerjaanmu, berikut adalah beberapa saran praktis tentang bagaimana menjadi diri terbaik dalam bekerja setiap hari di tahun 2018.

1. Perkuat Soft Skills Kamu

Jangan abaikan nilai keterampilan yang kurang terlihat nyata seperti kecerdasan emosional atau “EQ” di tempat kerja kamu. Forum Ekonomi Dunia bahwa 1 dari 10 hal yang membuat orang bekerja lebih baik dipengaruhi nilai “EQ” dalam diri mereka. Dimana mereka yang memiliki EQ yang tinggi mampu menghadapi tekanan kerja, mampu memahami bagaimana bekerja sama dengan orang lain, terbuka terhadap masukan, dan memiliki empati. Siapa yang tak mau bekerja dengan orang yang memiliki kualifikasi seperti itu? Well, kamu tau jawabannya.

Untuk melatih kecerdasan emosional, mulailah dengan cara mendengarkan secara aktif. Dalam hal ini, Harvey Deutshendorf merekomendasikan ketika anda berbincang atau mendapat tugas mintalah lawan bicaramu memperjelas pernyataan mereka sehingga benar-benar kamu memahami apa yang mereka maksudkan. Selain, itu terbukalah secara jujur kepada rekan kerja kamu dan tidak terlalu defensif dalam berhubungan dengan rekan kerja.

2. Jangan Segan Berterimakasih

Sebuah polling yang disebut Harris Poll dari Universitas Phoenix mengsurvei lebih dari 1000 orang yang bekerja secara penuh sebagai HR atau Manajer dalam perusahaan, menunjukkan data bahwa 51% manajer menggunakan cara pengakuan publik dan 54% manajer menggunakan cara penghargaan kepada karyawannya untuk mengajak mereka lebih berinovasi dan menuangkan ide-idenya untuk kemajuan perusahaan.

Mengatakan terimakasih sangat baik bagi kesehatan kita dan juga untuk orang lain. Ungkapan terimakasih bisa berarti sebagai bentuk pengakuan publik terhadap hasil pekerjaan rekan kerja kita, dan perasaan di hargai pekerjaan seseorang akan membuat mereka bersemangat dan hal ini bisa berpengaruh kepada peningkatan produktivitas seseorang.

3. Perbanyak Koneksi Kamu

Sebuah penelitian oleh TINYpulse dan Microsoft Workplace Analytics menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki koneksi yang luas di dalam lingkungan kerjanya memiliki pengaruh yang besar kepada rekan-rekannya, dan semakin banyak dia berkolaborasi dalam pekerjaannya dengan rekan kerja lainnya meningkatkan tingkat kepercayaan rekan kerja lainnya. Karyawan berkinerja tinggi menghabisakan kurang lebih 4 jam per minggu untuk bekerja sama dengan orang lain.

Untuk menjadi lebih ahli untuk memperluas koneksi kamu dalam lingkungan kerja, mulailah dengan tidak takut menunjukkan apa yang sebenarnya kamu tidak tahu, jangan takut untuk meminta orang lain berbagi ilmu tentang pekerjaan. Janganlah berpura-pura mengetahui segalanya dan kamu memilih menyelesaikan hal yang kamu belum kuasasi sendirian, mintalah saran dari rekan kerjamu. Dengan cara ini akan terjalin komunikasi yang menunjukkan kamu adalah orang yang mau belajar.

4. Buat Program Pengembangan Diri

Jika Perusahaanmu tidak memberikan pelatihan-pelatihan dan program pengambangan, jangan kamu terus tidak meningkatkan dirimu. Ikutilah seminar-seminar umum yang banyak diadakan di kota kamu, Tanpa harus mengorbankan waktu dan tenaga keluar kota pastinya ada banyak kegiatan pembelajaran yang diadakan di kotamu. Mungkin dengan cara ini kamu akan punya pengalaman untuk memegang fungsi lain dalam sebuah kegiatan yang tidak kamu dapatkan dalam kantormu.

Jika kamu aktif mencari pembelajaran dan pengembangan ketrampilan baru, kamu akan menonjol sebagai orang yang dianggap memiliki inisiatif tinggi dan karenanya kamu akan pantas memegang tanggung jawab yang lebih tinggi di tempat kerjamu.

5. Mintalah Feedback atau Saran Atas Pekerjaanmu

Jika perusahaanmu memiliki program penilaian karyawan secara berkala, mintalah hasil penilaan atas dirimu dan pelajari untuk program pengembangan dirimu sendiri. Bahkan jika perusahaanmu tidak memiliki program penilaian karyawan secara berkala, mintalah kepada manajermu untuk memberikan penilaian dan saran atas pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan mengetahui titik kelemahan dirimu dari orang lain, kamu akan bisa membuat program untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang kamu pegang.  Dengan kamu mendapatkan feedback, kamu akan mengetahui dimana posisimu dan tahu apa yang harus diutamakan untuk ditingkatkan.

https://www.fastcompany.com/3066691/how-to-be-a-better-employee-in-2017

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *